Konsumsi internetku ini bisa dibilang sangat boros, bisa sampe Rp 500-700 ribu sebulan. Itu cuma dipake buat blogging aja (browsing, chatting, uploading gambar), bukan termasuk download. Kalo dihitung per-GB, konsumsi internetku biasa 30GB-an per bulan.

Uang yang ku keluarin diatas itu pun kalo aku make Telkomsel, make simpati tepatnya. Saking mahalnya Telkomsel itu, sampe buat internet 12GB aja aku harus keluar Rp 500 ribu. Parahnya lagi disini Telkomsel gak ada saingan, ya cuma itu aja operator seluler yang sinyalnya kuat. Jadi ya apa boleh buat harus ku pake. Ibarat kata kita dicekoki ama nasi gak pake lauk. Gimanaaa... gitu rasanya.

Jadi pas Smartfren mulai masuk ke alamat ku, apalagi langsung 4G LTE, aku bersyukur banget ada alternatif internet. Walaupun jaringannya gak sekuat Telkomsel, karena 4G LTE Smartfren juga baru bisa kunikmati kalo aku make antena Yagi. Soalnya sinyal Smartfren cuma ada di kota terdekat yaitu Negeri Lama yang jaraknya puluhan kilometer dari rumah ku. Jadi ya harus pake antena.

Smartfren juga lumayan enteng sih harga internetnya. Jauh lebih murah dibandingin ama Telkomsel. Makannya sekarang aku make Smartfren. Kalo dulu aku keluar uang sampe Rpp 500-700 ribu sebulan, sekarang bisa ditekan jadi Rp 300 ribu sebulan.

Tapi tetap aja pake Smartfren itu pake batasan kuota, jadi gak bisa download. Padahal aku ini maniak nonton anime, jadi tiap musim (3 bulan sekali) aku pasti download. Sekali download bisa 100GB. Jadi meskipun Smartfren lebih murah, tetap gak mungkin juga kan pake Smartfren buat download? Akhirnya ya begini, pake jasa download:



Aku sebenernya mau pake IndiHome, karena pasti lebih murah dari Telkomsel. Syukur-sukur bisa make Fastnet, tapi gak mungkin karena saat ini aja Fastnet cuma ada di Jakarta. Sayang, meski usia Telkom itu lebih tua dari PLN, nyatanya jaringan PLN yang lebih luas dari Telkom. Sampai detik ini aja Fiber optik tu gak pernah lewat di depan rumah. Jadi kalo mau internetan aku ngandelin jaringan seluler. Miris gak? Miris!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Ryan Friska Arisandhi's Personal Blog / Template by : Urangkurai